GOA MARIA KALIORI

GOA MARIA KALIORI

Goa Maria Kaliori merupakan kawasan religi umat Katolik yang terletak diperbukitan yang hijau membentang dengan suasana sejuk dan nyaman di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas. Prakarsa pembangunan tempat ziarah ini bermula dari beberapa aktivis umat Katolik di Banyumas, yang kemudian mendapatkan tanggapan dan dukungan sepenuhnya dari Pastor Paroki di Purwokerto beserta umatnya.

Pembangunan Goa Maria Kaliori dimulai pada tanggal 15 Agustus 1989, dengan ditandai Peletakan batu Pertama oleh Uskup Purwokerto Mgr. P.S. Hardjasoemarta MSC. Suatu peristiwa bersejarah bagi Goa Maria Kaliori dmulai pada tanggal 10 Oktober 1989, di mana dalam Misa Agung di Yogyakarta, Bapa Suci Paus Yohanes Paulus II berkenan memberkati Patung Bunda Maria dan menandatangani Prasasti Goa Maria Kaliori.

Pemberkatan Goa Maria Kaliori dilakukan pada tanggal 8 Desember 1989 dan diresmikan penggunaannya.Semenjak itu, pembangunan tempat ziarah Umat Katolik tersebut berlanjut terus. Berbagai fasilitas, seperti Kapel Ratu Surga, Jalan Salib, Taman Rosario, Pendopo bagi para peziarah, dan Rumah Retret Maria Imakulata menjadi bagian dari Wisata Rohani Goa Maria Kaliori. Pengelolaan dan pengembangan Goa MariaKaliori diserahkan kepada Konggregasi Oblat Maria Imakulata (OMI) yang memiliki kharisma di dalam pengelolaanGoa Maria di berbagai negara di dunia.

Fasilitas Goa Kaliori saat ini berupa Goa Maria, kapel dan rumah retret sebagai sarana utama, sedang sarana penunjang berupa pendopo untuk istirahat, ruang pakir, toko souvenir dan sarana KM/WC. Kawasan ini dilengkapi dengan makam khusus untuk umat khatolik serta fasiltas dikembangkan secara bertahan sesuai dengan perkembangan umat. Untuk menjangkau kawasan Goa Maria Kaliori dari pusat kota Purwokerto dibutuhkan waktu + 35 menit baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun mikrobus.