KEBUN RAYA BATURRADEN

KEBUN RAYA BATURRADEN

Kebun raya Baturraden merupakan kawasan hutan dengan Tujuan Khusus untuk Hutan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan Lingkungan seluas 143,50 Ha dengan lokasi pada ketinggian 600 - 700 mdpl dengan suhu udara yang sejuk berkisar antara 20-30o dengan curah hujan antara 5.000-6.174 mm/tahun dan merupakan curah hujan tertinggi di wilayah Indonesia. Lokasi Kebun Raya Baturraden yang tepatnya berada di jalan Pancuran 7 Baturraden, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah  dan berjarak + 20 km dari pusat kota Purwokerto.

Pembangunan Kebun Raya Baturraden sudah digagas sejak acara Penutupan Jambore Nasional Tahun 2001 oleh Ibu Megawati Soekarno Putri di Baturraden dan telah diresmikan pada Sabtu, 19 Desember 2015 dengan tema “Tanaman Pegunungan Jawa” yang diharapkan dapat menjadi kawasan konservasi dan pelestarian aneka tanaman khas pegunungan Pulau Jawa bahkan menjadi Taman “Flora of Java“.

Saat ini koleksi Kebun Raya Baturraden mencapai 2.600 lebih spesimen tumbuhan yang berasal lebih dari 571 spesies tumbuhan, 394 marga serta 196 suku dan koleksi tersebut tentunya akan terus bertambah dimasa mendatang dengan beragam tumbuhan dari berbagai pegunungan di Pulau Jawa.

Di area Kebun Raya Baturaden telah dibangun beberapa taman tematik yang antaranya adalah Taman Liana (tumbuhan merambat), Medical Garden (Taman Tanaman Obat), Taman Tumbuhan Paku, dan beberapa hamparan bunga (Flower Bed) dan akan terus bertambah sesuai tematik flora yang ada di pulau Jawa.

Kebun Raya Baturaden juga dilengkapi dengan beraneka fasilitas pendukung yang sangat memadai baik bagi para untuk pengelola ataupun pengunjung seperti gapura pintu gerbang masuk, rumah kaca, rumah kompos, rumah anggrek, rumah pohon, tempat pembibitan, gazebo, rumah dinas, kantor pengelola, wahana permainan keluarga, sentra jajanan, balai konservasi, area parkir yang luas serta lainnya.

  • MAP LOKASI