MUSEUM BRI

MUSEUM BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan pertama kali di Purwokerto dengan nama De Purwakertosche Hulp-en Spaar Bank der Inlandsche Bestuur Ambtenaren atau Bank Priyayi yang beroperasi pertama kali pada 16 Desember 1895. Dan dikota Purwokerto ini juga dibangun sebuah museum untuk mengenang serta menghargai para pendiri dan pendahulu Bank Rakyat Indonesia serta sebagai sejarah cikal bakal BRI yang pertama kali berdiri dan dirintis oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja.

Bangunan museum terdiri dari dua lantai pameran dan pada ruang pameran lantai atas memberikan gambaran informasi terkait sistem keuangan dan cikal bakal sistem perbankan di Indonesia yang ditampilkan dengan patung kuwera, mata uang yang pernah dipakai di Indonesia, dan calengan (wadah penyimpanan uang) jaman majapahit dan tradisional. Selain itu, pada ruang ini juga terdapat koleksi Raden Aria Wirjaatmadja dan diorama yang menggambarkan awal mula gagasan pendirian bank.

Adapun ruang pameran lantai dasar memberikan beragam informasi terkait sejarah perjalanan BRI semenjak berdirinya sampai dengan saat ini. Koleksi yang ditmapulkan di pameran lantai dasar meliputi akta-akta pendirian BRI, peralatan dan mesin-mesin, foto-foto direksi dan kegiatannya, dokumen-dokumen, serta sarana simulasi. Selain itu, di lantai dasar juga terdapat ruang perpustakaan yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk membaca buku-buku koleksi museum BRI.

Selain itu museum ini juga dilengkapi dengan Bangunan seluas 31 M2 replika kantor BRI pada saat pertama dioperasikan dan bangunan ini telah mengalami beberapa kali renovasi, namun bentuk dan letaknya dibuat sama persis dengan aslinya karena proses renovasi hanya pada bagian dindingnya saja yang menggunakan batu bata baru, sedangkan kusen, atap, jendela, pintu, langit-langit masih menggunakan bahan yang asli.

Lokasi museum BRI berlokasi di Jl. Sudirman No. 57, Purwokerto dan sangat dekat pusat pemberintahan kabupaten Banyumas atau berada disebelah barat Alun-alun kota dan hanya berjarak kurang lebih 500 meter dari stasiun kereta api Purwokerto.

  • MAP LOKASI